http://suzuki.me.cc/google419b1fcd30f8ce05.html

Jumat, 14 Desember 2012

Daftar Mobil Suzuki

suzuki
Daftar Harga Suzuki 2013
Daftar Harga Toyota 2013
honda
Daftar Harga Honda 2013
ford
Daftar Harga Ford 2013

honda


http://suzuki-suzuki.123website.co.id/
http://suzukisuzuki.123website.co.id/

APV Blind Van 16jt Angsuran 2jt'an 
APV GE PS 19jt Angsuran 3jt'an 
APV GE Face to face 19jt Angsuran 3jt'an 
APV GL Arena 19jt Angsuran 3jt'an 
APV GX Arena 19jt Angsuran 3jt'an 
APV GX AT Arena DP 20jt Angsuran 4jt'an 
APV SGX Arena DP 20jt Angsuran 4jt'an 
APV SGX AT DP 22jt Angsuran 4jt'an 
APV Luxury MT R'15 DP 28jt Angsuran 4jt'an 
APV Luxury AT R'15 DP 28jt Angsuran 4jt'an 
APV Luxury MT R'17 DP 28jt Angsuran 4jt'an 
APV Luxury AT R'17 DP 29jt Angsuran 4jt'an 

SX4 Cross Over MC MT DP 37jt Angsuran 4jt'an 
SX4 Cross Over MC AT DP 40jt Angsuran 5jt'an 

New Grand Vitara 2.4 MT 45jt Angsuran 7jt'an 
New Grand Vitara 2.4 AT 55jt Angsuran 7jt'an 

Ertiga Single Blower GA DP 27jt Angsuran 3jt'an 
Ertiga Single Blower GL DP 28jt Angsuran 3jt'an 
Ertiga Single Blower GX DP 30jt Angsuran 3jt'an 
Ertiga Double Blower GL DP 30jt Angsuran 3jt'an 
Ertiga Double Blower GX DP 31jt Angsuran 4jt'an 

New Swift GL MT DP 30jt Angsuran 3jt'an 
New Swift GL AT DP 32jt Angsuran 4jt'an 
New Swift GX MT DP 31jt Angsuran 3jt'an 
New Swift GX MT DP 32jt Angsuran 4jt'an 

Carry Pick Up 1.5 FD DP 10jt Angsuran 2jt'an 
Mega Carry 1.5 WD DP 10jt Angsuran 2jt'an 
Mega Carry Xtra DP 12jt Angsuran 2jt'an 
Carry Real Van GX 18jt Angsuran 2jt'an



Dealer Resmi Suzuki
Kali ini kami menawarkan Produk unggulan Terbaru Kami, ERTIGA dengan sistem Double Blower, di lengkapi fiture keselamatan dan ke amanan terbaru, Mesin bertenaga dan irit, bentuk lampu stylish dan interior modern, kabin nyaman dan luas.


Minat Hubungi Sekarang juga,
Marketing Mobil Suzuki
a/n Simon Anton S.
Hub : 0812.888.21553
PIN : 25A15B72




Kami persembahkan

ERTIGA untuk Anda Pelanggan setia SUZUKI















Keunggulan Suzuki Swift



BOGOR - All New Swift menjadi andalan Suzuki di segmen hatchback Tanah Air. Hadir dengan sejumlah penyegaran, Swift terbaru diharapkan dapat berbicara banyak pada pasar yang cukup diminati di Indonesia.

4W Marketing and Dealer Network Development Director PT Suzuki Indomobil Sales, Endro Nugroho menuturkan ada lima keunggulan yang dimiliki All New Swift.

"Pertama, handling jauh lebih responsif. Saya melihat rekan-rekan begitu liar, saat saya tanya, ada yang bilang mobilnya seperti mau lari saja. Ini bukti Swift lebih responsif," katanya disela-sela media test drive di Rancamaya, Bogor, Selasa (13/11/2012).

Kedua, menurut Endro, Swift terbaru memiliki eksterior sporty dan stylish. "Kalau diperhatikan ada guratan garis 'U' yang sangat kental di bumper depan, ini yang membedakan dengan model lama. Lebih terasa Eropa banget," tandasnya.

Lalu yang ketiga, terletak pada sisi interior yang terkesan mewah. Hal itu bisa dilihat dari model jok, instrumen cluster dan konsol tengah yang tersusun lebih rapi layaknya mobil premium.

Keempat, All New Swift dipersenjatai generasi terbaru dari mesin K-Series. Mesin New Swift 100 persen sama dengan Ertiga. Mesin K14B DOHC VVT berkapasitas 1.372cc yang sanggup menyemburkan tenaga 95 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak 130 Nm pada 4.000 rpm.

Kelima terdapat pada fitur safety-nya. All New Swift dilengkapi Immobilizer, Airbag, Anti-lock Brake System (ABS) dan Electronic Brake Distribution (EBD).

Di wilayah Jabodetabek Suzuki New Swift GL M/T dilepas dengan harga Rp163,1 juta, tipw GL A/T Rp174,1 juta, tipe GX M/T Rp 169,6 juta, dan GX A/T Rp180,6 juta. Harga sudah On the Road DKI Jakarta.

Sedikitnya ada enam warna yang ditawarkan diantaranya Pearl Snow White, Ablaze Red Pearl, Metallic Silver, Metallic Mineral Grey, Boost Blue Pearl Metallic dan Pearl Super Black.





Mobil Suzuki Swift terbaru merupakan pengembangan dari versi Swift terdahulu yang juga cukup laris pada bursa compact-hatchback, tak hanya di Indonesia namun juga secara global. Dalam pengembangannya, beberapa generasi telah hadir yang mana kendaraan ini pertama kali dipasarkan pada tahun 2000 silam. Seiring dengan berjalannya waktu serta perkembangan dalam dunia otomotif yang semakin pesat maka pihak Suzuki terus melakukan produksi massal untuk kendaraan ini hingga pada generasi ke empat. Generasi ini hadir dalam 2 (dua) varian berbeda yakni tipe GL dan juga GX, mobil ini mendapat perubahan besar terutama pada dapur pacu, dimana mesin yang menggerakan hatchback ini sama persis dengan yang telah dipergunakan pada mobil Ertiga. Dampak yang terjadi adalah harga Suzuki Swift itu sendiri yang menjadi sangat jauh berbeda dengan versi sebelumnya dan juga memiliki mesin yang lebih ramah lingkungan.
Tentu saja keputusan ini bukanlah hal yang mudah mengingat didalam review Suzuki Swift yang baru tertera beberapa perbedaan mesin dari versi sebelumnya yakni Swift GT3 yang juga telah melekat dalam benak pemerhati otomotif sebagai kendaraan jenis hatchback yang sangat cocok jika dibandingkan dengan kendaraan lain sejenisnya. Daya magic dari desain eksteriornya yang unik dan sporty, tentu saja mampu menghipnotis mata bagi mereka yang menyaksikan kendaraan ini wara-wiri dijalanan plus penawaran harga yang ditawarkan tak terlampau jauh dan terkesan murah namun berbanding terbalik dimana kendaraan ini tetap memiliki performance dan juga maneuver yang baik saat melintasi jalanan yang macet seperti layaknya kondisi lalu lintas yang ada di Jakarta. Dengan desain bodynya yang compact, Suzuki Swift mampu melalui jalanan yang sempit yang mana tak bisa dilewati oleh kendaraan jenis MPV ataupun SUV.
Di import ke Indonesia secara CBU (Completely Build-Up) dari Thailand, All New Swift hadir dengan tampilan yang lebih fresh dengan mesin 1,4 liter. Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga sebesar All-New 95 PS pada putaran mesin 6.000 RPM dan torsi maksimal mencapai 130 Nm pada 4.000 RPM. Sejak kran pemesanan dibuka secara resmi pada ajang International Indonesia Motor Show (IIMS) 2012, PT. Suzuki Indomobil Sales melalui semua dealer mobil Suzuki yang tersebar di seluruh Indonesia, banyak menerima pemesanan yang dilakukan oleh konsumen untuk pembelian secara tunai ataupun non-tunai.
Angka penjualan yang didapatkan tentu saja tak sebanding dengan apa yang dicapai oleh kendaraan jenis MPV (Multi Purpose Vehicle) ataupun City car yang memang menjadi tolak ukur kesuksesan sebuah produsen sehingga merekapun berlomba-lomba untuk meluncurkan kedua produk tersebut. Dengan semakin baiknya pemahaman publik akan perkembangan khususnya dalam dunia otomotif, jumlah permintaan terhadap hatchback inipun perlahan-lahan mulai meningkat, apalagi Swift kini dijuluki sebagai “The Affordable Hatchback Ever” oleh beberapa media otomotif di Eropa.
Kesan minimalis akan terasa sekali sewaktu anda memasuki interior Suzuki Swift yang mana meskipun kecil, namun mobil ini dapat menampung hingga 5 (lima) orang penumpang. Berbagai fitur canggihpun sudah diaplikasikan padanya, diantaranya panel instrument MID, Audio System yang sudah terintegrasi dengan iPod dan juga audio control yang bisa anda lakukan melalui batang kemudi.
Keinginan PT. Suzuki Indomobil Sales untuk terus mempertahankan angka penjualan yang didapat hingga saat ini, tentu saja salah satunya adalah dengan menawarkan produk-produk baru yang harganya lebih murah dari para pesaingnya namun sama-sama menawarkan fitur yang dilengkapi dalam setiap produk termasuk penggunaan teknologi terbaru dalam perkembangan otomotif khususnya yang diaplikasikan pada mobil Suzuki Swift.
Berikut ini adalah tabel spefikasi Suzuki SWIFT yang bisa anda jadikan panduan dalam memilih varian yang sesuai dengan kebutuhan anda :
DIMENSSIONS
All New SWIFT
Type GL
Type GX
Overall Length
mm
3.850
Overall Width
mm
1.695
Overall Height
mm
1.510
Wheelbase
mm
2.430
Front Tread
mm
1.480
Rear Tread
mm
1.485
Ground Clearance
mm
140
Minimum Turning Radius
m
5.2
WEIGHT
Curb Weight
kg
970 / 990 / 980 / 1.000
Gross Vehicle Weight
kg
1.480
ENGINE
Type
K14B, DOHC, VVT
Cylinder
4 inline
Number of valves
16
Piston Displacement
mm
1.372
Compression Ratio
1 : 10.0
Bore x Stroke
mm
73.0 x 82.0
Max. Output
ps/rpm
95/6.000
Max. Torque
nm/rpm
130/4.000
Fuel Distribution
Multi-Point Injection
TRANSMISSION
Type
MT
AT
MT
AT
Gear Ratio
1st
3.545
2.875
3.545
2.875
2nd
1.904
1.568
1.904
1.568
3rd
1.310
1.000
1.310
1.000
4th
0.969
0.697
0.969
0.697
5th
0.769
-
0.769
-
Reverse
3.250
2.300
3.250
2.300
Final Gear Ratio
4.105
4.375
4.105
4.375
CHASSIS
Steering
Electric Power Steering
Brakes
Front
Ventilated disc
Rear
Disc
Suspension
Front
McPherson Strut & Coil Spring
Rear
Torsion Beam & Coil Spring
ABS + EBD
-
O
Tyres
185/55 R16
CAPACITY
Fuel Tank Cap.
Litre
42
Seating Cap..
Persons
5









Keunggulan Ertiga Nama ERTIGA berasal dari bahasa Indonesia, yaitu gabungan dari: Er (dari huruf R) yang berarti Row (baris) dan Tiga yang berarti angka 3. Jadi ERTIGA berarti mobil yang memiliki 3 baris pada interiornya dengan berkapasitas 7 orang penumpang / 7 seaters seperti MPV. ERTIGA merupakan perpaduan MPV dan sedan, yakni dengan platform Suzuki New Swift sehingga menghasilkan sebuah kenyamanan yang tidak dimiliki oleh kendaraan Low MPV lainnya. ERTIGA akan dipasarkan prinsipal Suzuki Motor Corporation, Jepang secara global.
ERTIGA hadir diawal berupa mobil konsep dengan nama RIII di gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2010 dan tampil perdana secara global/global premiere di ajang Auto Expo 2012, New Delhi pada awal Januari 2012 silam dengan nama resmi, ERTIGA.
ERTIGA merupakan produk MPV Global berjenis Low MPV yang pertama dipasarkan di Indonesia. Diharapkan dengan hadirnya mobil ini dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan para keluarga Indonesia akan mobil keluarga yang aman dan nyaman dalam berkendara, sekaligus memiliki rasa excited atau suka cita untuk memiliki pengalaman yang menyenangkan terhadap produk ini, seperti taglinenya, yaitu "ERTIGA - Your Excitement".
ERTIGA hadir dengan Varian GA, GL, GX semua dengan transmisi Manual, untuk melengkapi jajaran produk mobil - mobil Suzuki yang ada saat ini, sekaligus memberikan penyegaran dan variasi produk pada segmen pasar kelas MPV Bonnet di tanah air. Mobil ini menggunakan sistem penggerak roda depan (Front Wheel Drive / FWD) dan dengan sasis / chassis Monocoque ditambah lagi mesin bensin tipe K-Series terbaru berkapasitas 1.373cc atau 1,4-liter dan berplatform Suzuki New Swift. Sehingga menjadikan ERTIGA sebagai kendaraan MPV senyaman sedan, dimana hal tersebut tidak dimiliki oleh kendaraan kompetitor di kelasnya, dan mobil ini sangat cocok sebagai mobil keluarga yang nyaman, aman dan juga tampil gaya / stylish bagi penggunanya, namun dapat digunakan oleh individu.


Suzuki Ertiga

It was launched on 12 April 2012 in India[1] and on 22 April 2012 in Indonesia.[2] Maruti Suzuki proclaims it to be the first LUV (Life Utility Vehicle). It competes with the Toyota Innova, Mahindra Xylo, Tata Sumo Grande, Toyota Avanza and Nissan Grand Livina. This car is powered by K-series 1.4 litre petrol engine. A diesel version of this car is powered by Fiat's 1.3 litre Multijet engine. The car is based on extended Suzuki Swift platform. This means that the Ertiga is a monocoque MPV; a first in India. It is also considered to be a cross between a saloon/hatchback and an MPV. It has beaten long-reigning Toyota Innova.
The Ertiga is said to be the production version of the R-III (R3) concept showcased by MSIL at the Indian Automobile Exposition 2010. Moreover the name Ertiga is said be an adaptation of R-Tiga where "Tiga" means "three" in Indonesian. The "R" stands for Rows. Therefore "Ertiga" is derived from "R3" which in turn means "(Swift with) Three Rows".
For now, the Ertiga is only available in manual transmission. The automatic transmission of Ertiga will be available soon in 2013. The reason why Suzuki doesn't introduce the automatic transmission for Ertiga because automatic transmission for low-MPV isn't as popular as manual transmission in Indonesia.
Critics from various automobile magazines evaluated this car, and compared it with other MPVs.
In the 16th Indonesia International Motor Show, three new concepts in the Ertiga's form are introduced, the Sports, Luxury and Crossover version, which are actually Ertigas heavily modified into concept cars. The normal version, in this case the GX, also appeared.
After the burning of the Maruti Suzuki Plant in India, plans are being made to transfer the building plant to Indonesia, as most of the orders are from that country. The versions of that county's Ertiga is also different. It has 3 versions, the GA, GL, and the GX.






Maruti Ertiga - Affordable 7-seater LUV


    
The Maruti Ertiga is a seven seater compact MPV created by Japanese automobile manufacturer Suzuki. The Maruti Suzuki Ertiga is said to be the first LUV (Life Utility Vehicle). Unlike its competitors like the Toyota Innova, Chevrolet Tavera and Mahindra Xylo, this car is powered by a K-series 1.4 litre petrol engine. The production of The Maruti Ertiga proclaims to be from the R-III (R3) concept introduced by MSIL at the Indian Automobile Expo in 2010 in New Delhi. In addition, the name Ertiga comes from the word “Tiga" which means "three" in Indonesian while the R3 stands for the 3 rows. Therefore "Suzuki Ertiga" could be literally translated to mean "Swift with Three Rows."

Maruti Ertiga Exterior
Maruti Ertiga is a proper seven-seater with fold-able rear seats to increase the boot space. Maruti Ertiga looks very handsome and proportionate and gives feel of a MPV with its mono space design. The truth is that the Maruti Ertiga is challenging the already existing car brands in the segment just by looks alone. When it comes to style, the Ertiga exteriors are inspired from The Ritz hatchback especially on the front bumper with a grille that looks like a slot and a bellying bonnet. You can locate the Suzuki emblem on the slot-like radiator grille. Unlike the Ritz, the chin part of the Ertiga is much wider and bulky. It also has a huge air inlet complementing a MPV look with bulky headlights sweeping sidewards. The size and dimensions of the Ertiga are smaller in length compared with the Innova and the Xylo. It also has an elongated wheelbase with a higher roof that provides a good head room. The quarter glass allows the last row passengers to view the outside with tinted windows and windscreen.

The alloy wheels and wheel cover without a doubt further enhances the luxurious looks of the Ertiga. It features tiny tail-lamps with a non-spacious boot that has been designed with cost rather than practicality in mind. The lengthy look of Ertiga is visible with its elongated 2740mm wheelbase and the extra third row of seats. The lengthy appearance is what defines this vehicle as a LUV and thereby have not qualified to benefit the duty of small cars. The balance between the attention to detail of its MPV look and the Ritz inspired exteriors on this LUV are without a doubt quite impressive.

Maruti Ertiga Interior
The interior boasts a spacious and comfortable seating arrangement that is an ideal blend of everyday usability and space for big families. The interiors luxurious appearance comes from the contribution of light shade materials and the space that can accommodate up to seven people. The Ertiga also has a split design in the middle row which provides an improved cool and soothing look and feel. It also features fold-able rear seats with four-way adjustable front seats. The luxurious and premium interiors of the Ertiga radiate elegance, trust, class, versatility and agility. In addition, the vehicle has a lot of storage spaces inside such as coin holders, bottle holders, sun glass holders, etc. You can increase the luggage space by folding the 2nd and 3rd row of seats. The dash and steering wheel of Ertiga is similar to the new Swift but in combination of black and beige. The fully loaded variant of Maruti Ertiga also features steering mounted audio controls, manual HVAC and dash-integrated music system.

Maruti Ertiga Comfort and Convenience
For increased driver comfort, the Maruti Ertiga features electrically adjustable outside rear-view mirrors. It features a 3 spoke electric power steering, which is tilt able and adjustable, with audio controls mounted on it, a key-less entry and central door locking that works very well while driving. Every row has been designed to provide maximum comfort to the passengers. The huge rear doors provide comfortable entry and exit of middle row passengers. The armrest is also an added comfort for middle seat passengers with a hidden fold-able storage space located in the backrest of the middle seat. Middle seat passengers can also fold down the 60:40 split seats to create additional space and practicality in the vehicle. A spare tyre is attached to the chassis of the vehicle in the event you have tire trouble in the middle of nowhere.

Maruti Ertiga Steering, Dashboard and Instrument Cluster
The Maruti Ertiga has quite a complete multifunctional instrument cluster that displays information that is integrated into the meter cluster. It also features a Security Alarm System which covers door and hood sensing, an immobilizer, a seat belt reminder for the driver’s seat and a Door ajar reminder. Maruti Ertiga has extra storage spaces for coins, bottles/cups and sunglasses. It is quite clear on Ertiga that there are no issues with regards to the seats especially for seven passengers. The Maruti Ertiga has an informative light-on and key-on reminder and a low fuel warning. It also includes a power steering wheel column that can be tilted for the comfort of the driver.

The steering wheel also incorporates audio controls so that the driver can conveniently and safely change music as necessary without taking his eyes off the road or his hands off the wheel. The Ertiga’s steering wheel gives you a good look and feel with a nice and interesting appeal. The Maruti Ertiga also provides extra comfort with 2nd row AC with heater. The electrically adjustable ORVMs and ORVM mounted side turn indicators are added modern features of the car. Ertiga MPV comes with front intermittent wipers plus washer, rear window defogger and rear wiper with washer that are noticeable on the rear windscreen. The boot may not be that very spacious because of the seven seats of the vehicle but the other features such as the coloured bumpers on the body to its remote fuel lid opener, fog lamps in the front and in the rear and a stop lamp that is mounted higher than usual gave Ertiga a thumbs up.

Infotainment and Music System
The Maruti Ertiga's audio system is powerful and comes with 4+2 speakers and USB compatibility. It includes a Kenwood MP3 player with FM, AM Radio and a single CD player that includes a remote function that allows changing the music or volume for both front and back seat passengers.

Maruti Ertiga Engine and Gearbox
The Maruti Ertiga model comes with both diesel and petrol variants. Both diesel and petrol variants contains a 4 cylinder in-line arrangement in the engine. The petrol variant of the vehicle is powered by a 1.4 litre power train. The petrol engine can generate a maximum power of 93.8 Bhp along with a maximum torque of 130 Nm with a displacement of 1373cc. The engine claims low NVH, low friction and is light weight.

On the other hand, the diesel engine is powered by a Multijet 1.3L turbo diesel engine with DDiS and a 1248cc of displacement. For better efficiency, the Ertiga’s diesel engine comes with Variable Geometry Turbo (VGT). The diesel can deliver a peak power of 88.8 Bhp with a peak torque of 200 Nm.

Acceleration and Performance
The Maruti Ertiga contains variable valve timing (VVT) technology that allows the change of fuel intake timing for a continuous power generation thereby guaranteeing you a maximum use of the power engine. The VVT technology not only guarantees maximum engine performance but also ensures maximum fuel consumption and lesser emissions thereby maximizing the acceleration. Maruti Ertiga’s petrol and diesel versions are coupled with a five speed manual transmission. All of its variants are BS-IV emission compatible which produces lesser Co2 in the environment. The noise levels are on average frequencies inside the passenger cabin because the engine bay is covered with sound-deadening material and hydraulic engine mounts to lessen the vibrations created by the engine.

Maruti Ertiga Mileage
As mentioned earlier, the Maruti Ertiga uses variable valve timing (VVT) technology that allows the change of fuel intake timing for continuous power generation thereby assuring maximum fuel consumption and lesser emissions. It has an ARAI certified mileage of 16 kmpl for the petrol model and 20 kmpl for the diesel model which makes this vehicle the most fuel efficient LUV in its series.

Safety Features
When it comes to safety features, customers will not be disappointed by the Maruti Ertiga. It contains a lot of standard and modernized safety features. The safety features include an Anti-lock Braking System (ABS) with EBD and engine immobilizer and high tensile roof. Its Anti-lock Braking system provides the vehicle with the correct braking balance between the rear and front axles. With these sophisticated security features, it provides peace of mind to the passengers from any possible risks of injury in case of a collision.

Suspension and Braking of Maruti Ertiga
The Maruti Ertiga includes front ventilated disc brakes and rear drum brakes that are proven to be super when it comes to applying the brakes. It has been specially designed to be aerodynamically efficient when it comes to high speeds and heavy traffic. The Ertiga’s suspension system is exceptionally excellent wherein the front suspension contains independent MacPherson struts, while the rear suspension contains non-independent, torsion beams. The unique turning circle radius and less body roll guarantees excellent stability in this vehicle. These are the reasons the Ertiga is safe and secure while driving.

Maruti Ertiga Ride and Handling
The integrated design and construction of the body provides comfort and smooth driving no matter the terrain. It also guarantees superior handling and brakes as the Maruti Suzuki is famous for creating durable and stable vehicles. The light weight and easy to handle steering also provides smooth driving in the Ertiga.

Maruti Ertiga Shades
These are the available shades or colors in Maruti Ertiga: Ecru Beige, Serene Blue, Fire Brick Red, Silky Silver, Granite Grey, Superior White and Dusky Brown.

Accessories on Offer
Maruti Ertiga accessories undergo rigorous quality tests before being distributed on the market. The accessories are tested under superior conditions that replicate the real usability conditions of the vehicle. Maruti’s research and development and quality engineer’s teams have worked hand-in-hand to develop high quality accessories. The Maruti Ertiga accessories have very competitive prices and provide the customer with good value for money and quality. You can view a wide range of accessories of Maruti Ertiga at any retail store and even online stores that sell car parts.

Reasons to Buy
Should you buy a Maruti Ertiga? If you are looking for a good alternate to any existing hatchback for traffic conditions, with a good driving position, smooth and responsive engine and clutch, exceptional safety and functional features and excellent inner space especially in the practical middle row option this is a good buy. It has a 185 mm ground clearance which allows it to ride through pot holes as well as speed breakers quite easily. With its 7 passenger seating capacity it will be good for your family and a better if you need a 5 seater with enough luggage space when you must travel long distances. With its features, performance, comfort and good looks, indeed the Maruti Ertiga is good vehicle option and is of good value for money for the average car purchaser.

Verdict
With the above description, features and specifications about the Maruti Ertiga, it is not a bad buy. It has enough storage capacity, a stylish design, comfortable fine quality interiors and numerous premium features and so it will be a good catch for many who are on the market for a good LUV. Some feel that this is more of a city family car and is not ideal for highways or long drives. No eye can surpass the luxurious interiors and stylish looks of Maruti Ertiga especially if you experience its dynamic features and great comfort and ease while driving. Though we are quite impressed with the quality, fit, finish and looks of Ertiga, having a test drive with the car can let you judge its overall quality and performance, so you can make the purchase decision that is right for you and not.

Main Features of Maruti Ertiga
The top-model of Maruti Ertiga comes fully-loaded with following features:
Driver+Passenger Airbag, ABS, EBD plus Brake Assist
Security Alarm System: Door + Hood Sensing, Immobilizer
Information display integrated into meter cluster
Seat belt reminder (driver’s seat), Door ajar reminder
Light-on and key-on reminder, Low fuel warning
Power steering, Tilt-able steering wheel column
Steering wheel mounted audio controls
AC with heater, 2nd row AC for extra comfort
Radio + CD player + USB input, FM/AM band antenna
Power Windows, Central door lock, Key-less entry
Internally adjustable ORVMs, ORVM mounted side turn indicators
Remote fuel lid opener, Body coloured bumpers
Front fog lamps, Rear fog lamp, High mounted stop lamp
Front intermittent wipers+washer, Rear window defogger, Rear wiper+washer






Suzuki Ertiga memang fenomena baru di pasar Indonesia, bagaimana tidak? Sebagai mesin uang Suzuki tentu Suzuki musti mempersiapkan value for money terbaik untuk menghantam Avanza Xenia sebagai people carrier terlaris di Indonesia ini. Orang Indonesia sudah kadung cinta dengan Avanza Xenia karena dapat mengakomodir seluruh tradisi keluarga Indonesia. Bawa barang bisa, stylish, muat banyak, andal di segala medan dan jaringan 3s-nya yang super juoozz…. Tidak berlebihan kalau Avanza Xenia menjadi penolong dan penyokong keuangan Toyota Motor Corporation di Jepang sana. Indonesia termasuk menjadi pasar terbesar Toyota di dunia selain India dan China. Namun tentu berbahaya kalo Avanza Xenia tidak melakukan inovasi mendalam untuk produk andalannya ini sebab musuh2 besarnya sudah siap dengan segudang amunisi untuk bertempur di Indonesia. Bila lengah, alhasil Suzuki Ertga contohnya, ditakdirkan sebagai pemenang dalam komparasi bersama Avanza Xenia di majalah Auto Bild Indonesia. JEGEERRRR!!! ambrol dong pertahanan Avanza Xenia dalam serangan pertama, padahal serangan berikutnya masih ada seperti Nissan Evalia dan Chevrolet Spin (nama resmi PM7) yang baru2 ini kena spyshotnya. Nah sebenarnya produk rakitan India ini seberapa menjual sih sampai-sampai duet kembar ini harus K.O? mari kita lihat perbandingannya…
Walaupun bukan poin penting dalam pemilihan sebuah mobil keluarga namun Akselerasinya patut dikhawatirkan. Karena mobil yang berpenggerak roda depan sepertinya memang lihai dalam meraih “pertamax”. Bagaimana bisa? ya umpama matic dalam motor, tenaga yang telah dikeluarkan mesin langsung tersalurkan dalam roda. Sehingga lebih josss sertal lebih efisien karena tidak ada tenaga yang terbuang. Ini terbukti dari perolehan kecepatan 0-100kpj Ertiga yang mengukuhkan 10,26 detik sajah. Jauh dari Toyota Avanza Veloz yang berkapasitas 1500cc namun hanya bisa meraih 13 detik dan Daihatsu Xenia Attivo berkapasitas 1300cc yang meraih 15 detik. Mesinnya hanya 1400cc? sekali lagi poin plus dari penggerak roda depan yang membuatnya meraih akselerasi tertinggi.
Figur Suzuki Ertiga kali ini terbilang baik, seliter sudah dapat menjangkau 14,5 km dalam rute kombinasi dan seliter dapat menjangkau 18 km saat digeber 90-100kpj konstan. Menurut Auto Bild, susah sekali membuat konsumsi BBMnya boros, harus diperlukan macet sedemikian parah agar konsumsinya 1 liter = 12km. Bagus, berarti kalau mudik lebaran nanti nggak perlu takut makan kocek banyak ya xixixi….  Untuk kompetitornya, Avanza mendapat figur 1 liter = 14 km dalam rute kombinasi dan rute dalam kotanya 1 liter = 10 km sedangkan Xenia tertolong dengan figur 1 liter =14 km dalam rute kombinasi dan rute dalam kotanya 1 liter = 12 km. Yak sekali lagi yang menjamin kehematan BBM adalah penggerak rodanya , modifikasi mesin seri K yang dipakai City Car Suzuki serta teknologi katup bernama VVT yang setara dengan VVT-i-nya Toyota dan Daihatsu. Oh ya, menurut penuliz berat yang hanya 1.180kg juga turut ambil bagian dalam hal ini. Wow superleggera sekali ya untuk sebuah people carrier…..
Kali ini akomodasi ruang sebenarnya nyaris sama dengan Avanza Xenia, namun yang memberi nilai plus dalam Suzuki Ertiga adalah ruang kepala. Ya, Suzuki Ertiga menawarkan kenyamanan lebih dalam ruang kepala pada baris pertama sampai ketiga. Desain atap dan posisi tempat duduk yang diatur sedemikian rupa nampaknya memberi nilai plus sehingga dengan ruang kepala lebih tinggi otomatis akses masuk kabin juga lebih gampang. Kenyamanan dan lainnya selebihnya sama dengan Avanza Xenia.
Fitur juga menjadi kunci berikut yang membuat Ertiga merebut poin dari Avanza Xenia. Ia dilengkapi tilt steering dan pengatur ketinggian jok, audio bisa diatur di setir, MID, Audio Double-DIN yang menyatu dengan dashboard, immobilizer, dual airbag, ABS dan EBD. Fitur melimpah ini hanya dihargai dengan Rp 165 juta sajah. Ini membuat Ertiga begitu value for money dibanding Toyota Avanza Veloz yang harganya sudah kadung melejit diantara Rp 182 juta dan Daihatsu Xenia Attivo yang berharga Rp 179 juta. Lucunya Xenia Attivo ini belum melengkapi fitur keamanan seperti ABS dan EBD dan airbag, sedangkan saudaranya yang kastanya tinggi sudah melengkapinya. Immobilizer menjadi fitur yang satu2nya diusung Ertiga dan tidak dimiliki Avanza Xenia. Fitur ini memasangkan kunci dengan smart card, apabila memakai kunci palsu atau tidak disatukan smart card pada kunci maka mobil dijamin tidak bakal nyala.
4 faktor ini memang menjadi pukulan telak Avanza Xenia dalam berkompetisi melawan serangan Suzuki Ertiga, Namun Ertiga juga punya kendala melawan mereka yaitu masalah daftar inden yang pasti lebih panjang daripada Avanza Xenia, agak limbung (mungkin karena suspensi yang disetting lembut), tempat penyimpanan yang masih kalah dengan Avanza Xenia, serta kelemahan roda depan yang tidak begitu andal di  medan semi-offroad. Namun kalo masalah jaringan 3s penuliz yakin Ertiga mampu bersaing melawan Avanza Xenia.
Melihat berhasilnya Suzy Ertiga dapat poin dan tentu gempuran ini belum berakhir. Akan ada serangan Nissan Evalia dan Chevrolet Spin…. belum lagi ada desas-desus Honda Brio versi people carrier (bukan berupa city car lagi loh) bakal diproduksi di Indonesia…. Nah lo Toyota Daihatsu, harus siap2 waspada dan memberikan serangan balik cepat lohh…. kalau tidak “kuemu” termakan tetangga sebelah!



Jagoan baru SIS setelah cukup lama stagnan di beberapa lini penjualan produknya sendiri juga buat pendobrak pasar yang mulai jenuh dengan xenia kembar dan Avanza. Mobil ini oleh SIS di posisikan berada di tengah-tengah antara Xenia dan Grand Livina, strategi yang cukup cerdas mengingat mobil ini di desain sebagai 7 tempat duduk/seater murni dengan segala kelebihan dan kelemahan Suzuki Ertiga sebagai alat transportasi.

Merk: Suzuki
Model: Ertiga Trim GX
Transmisi: Manual 5-speed
Tahun Pembuatan: 2012
Harga Baru Ertiga: Rp 165.000.000,- OTR Jabodetabek, fixed price sampai Juli 2012
Harga Second Ertiga : n/a

Spesifikasi Suzuki Ertiga:

K14B petrol engine 1.4 litre, FF drivetrain configuration, ABS dan dual-SRS airbag as standard (GX only), MID on dash, audio head unit with USB connection dan audio switch on steering wheel, key immobilizer as standard (GA, GL, GX), tilt steering column (GX)

Keunggulan/Kelebihan Suzuki Ertiga:
5 + 2 seater
Konfigurasi penggerak FF
Karakter mesin K14B fun ketika cruising
Rasio transmisi cukup panjang
Level ergonomis kabin yang cukup baik dan praktis
Pantauan sisi pengemudi baik
Standar keamanan dan keselamatan berkendara cukup baik (Key immobilizer di semua varian trim, ABS-EBD dan front dual SRS airbag hanya di trim GX)
Air Condisioner/AC mantap
Stabilitas dan kinerja suspensi kendaraan cukup baik
Jaringan layanan purna jual Suzuki.

Kelemahan/kekurangan Suzuki Ertiga :
Akselerasi mobil seperti karakter akselerasi Suzuki APV karena rasio transmisi yang panjang
Ada sedikit gejala understeer layaknya mobil dengan konfigurasi penggerak FF
Opsi transmisi otomatis belum hadir
Opsi Air Condisioner /AC double blower belum hadir
Kursi baris ke-3 tidak terlalu praktis
Kesimpulan:

Secara keseluruhan, hasil kreasi Maruti Suzuki untuk merancang dan memproduksi mobil ini sangat pas dengan sikon India dan Indonesia. 7-seater asli dengan level kepraktisan kabin yang baik juga tambahan opsi teknologi keamanan / keselamatan pasif menjadi nilai tambah bagi calon pemilik mobil yang sadar dan waspada akan keamanan dan keselamatan berkendara.

Subjective:

Dari beberapa forum, debat dan diskusi yang ada di internet mengenai Suzuki Ertiga, ekspektasi buruk soal mobil ini akan berubah kalau mereka bisa mendalami lebih jauh apa tujuan dan fungsi kenapa mobil ini (Ertiga) dibuat.

AC single blower yang katanya menjadi halangan terbesar tidak terbukti, konfigurasi FF yang dicibir banyak orang ternyata memberi feeling dan sensasi menyetir yang berbeda, Untuk mereka yang memiliki Swift / Splash / SX4 ~ feeling menyetir Ertiga memiliki rasa yang identik karena memang Ertiga dirancang berdasarkan Swift gen. 6.

Begitu juga dengan ergonomi kabin, cukup banyak posisi yang bisa diatur untuk kenyamanan penumpang, terlebih ruang penyimpanan barang cukup mumpuni. Tapi mungkin dirasa lebih baik lagi kalo Maruti dan Suzuki membuat mekanisme lipat terpisah untuk kursi deret ke-3 supaya level kepraktisan kabin meningkat.

Bagi yang ingin meminang mobil ini diharapkan bersabar, karena peminatnya ternyata lumayan banyak (dalam skala nasional). bagi yang ingin menunggu varian transmisi otomatis dan Air Con double blower juga harus bersabar hingga tahun depan karena adanya beberapa penyesuaian komponen untuk kondisi di INA.

Ertiga cocok sebagai mobil keluarga yang menginginkan feeling menyetir SX4 dengan sensasi mobil diantara Xenia dan Nissan Grand Livina.




At least five new multi-utility vehicles will hit the Indian roads in the next few months as automakers try to replicate Maruti Ertiga's success. Ertiga, which Maruti advertises as a life utility vehicle, clocked 35% growth in sales to 10,174 units in the first two months of the current fiscal.


Chevrolet's Enjoy, Nissan's Evalia, Ashok Leyland's Stile, Hyundai's Hexa Space and Force Motors' MPV will hot up competition for Ertiga at the entry level and Toyota's Innova at the other end of the price band.


Analysts say the new products will be an ideal mix of price and utility, something that Indian buyers have been waiting for long.
"Customers had been looking for right upgrade from hatchbacks in terms of size and utility. Unlike Innova, Ertiga offers a perfect preposition of a personalised vehicle," said Abdul Majeed, partner, auto practice, at PricewaterhouseCoopers.







NEW ENTRANTS

"It seats seven passengers and can also be maneuvered easily," PricewaterhouseCoopers' Majeed said about Maruti's Ertiga, underlining the increasing room for MUVs that offer an easy crossover option to buyers. Growth in India's MUV segment has lagged that in other vehicle classes.


The entry-level vehicles Sumo, Rhino Rx and Xylo were available for long, while Tata Motors' Aria could not make a dent in the market primarily because of its higher pricing. In this scenario, the Ertiga, with at an entry price tag of Rs 5.9 lakh, is considered a good bargain.



People movers or MPVs not only have a huge following here in India but also do big numbers. Maruti initiated this segment way back in the Eighties with the ubiquitous Omni and followed it up with the not so successful Versa, the recent Eeco and now the Ertiga. We loaded it up to tell you how it was!



Get alerts on new cars reviewed by ZigWheels



It’s easy to see why the MPV (Multi Purpose Vehicle) segment is one of the most successful here in India. With large families predominant here, the average sedan is just not enough. The MPV, however, not only seats 5 or 7 in comfort but also carries everyone’s luggage with room to spare. And to top it all, it drives just as well as your everyday sedan. The Toyota Innova has been leading this scene ever since its inception, and Maruti Suzuki’s all-new Ertiga (Read : Maruti Suzuki Ertiga First Drive), though not the same size, aims to offer almost the same at a lot less. Has Maruti succeeded? Let’s find out…


Manga Design

There is no mistaking the Ertiga as anything but Japanese. Right from the large swept back headlights, the sporty bumper with the massive air dam and minimal overhangs, the Ertiga reeks of Japanese lines all over. Look at it from any angle but the side and the Ertiga manages to hide its length very well. Its only when you look at it side on that you realise how long the car really is.


The bold wheel arches add a lot of character and blend quite well with the overall design, however, they also highlight the small wheels which don’t really gel well with snazzy design. Bigger wheels would not only have filled the wheel wells better but would have added more character to the overall design. The doors are quite large; in fact quite noticeably so to allow easy ingress and egress. The blacked-out B and C pillars add contrast and really make the car stand out. The rear follows suit with smart crystal-shaped taillights and a well-designed integrated spoiler. Overall, the Ertiga comes across as the smartest looking people mover we have. Chic, modern and very well proportioned.







The smart seater

When it comes to MPVs, it’s not the outsides that matter, it’s the insides and Maruti Suzuki has done a pretty good job here. Opening the wide opening doors, the Ertiga welcomes you into very familiar looking insides. The donor here is the Swift/D’zire from which most of the Ertiga’s insides have taken shape. It’s a roomy car already and the beige-grey combo make it look roomier. Getting behind the wheel makes you feel pretty comfortable with a nice all-round view of the road with no blind spots. There are plenty of storage places and cubby holes and as a result one finds a place to store any and everything. Two days with the car and every other crevice in the car was crammed with wafer packets, chocolate wrappers and then some. It really spoils you, the Ertiga.


While I never left the driving seat, my colleagues who were entrusted with the rear seat testing of the Ertiga looked comfortable. With the seniors, Vikram and Muntaser, claiming the middle bench, the juniors, Ravi and Rahul, had no choice but to get into the third row. If you can notice in the picture, the middle row is quite wide and even though both the passengers are a little on the healthier side (I might get walloped for this), there is still adequate space for a slightly less healthier third passenger. The legroom is pretty impressive too with the little-above-6-feet Vikram not scraping his knees at all. The occupants in the last bench weren’t complaining either. There is adequate knee room but what is lacking is sufficient under thigh support which makes the last bench good for short commutes at best.


Coming to the boot space, with all seven passengers, there is enough place for your average shopping bags. There is also a concealed storage bay in the boot which had the tool box but can be used for other small items. For more space, the third row can be folded flat. You also have the option to fold the middle row and the 60:40 split further aids flexibility.


With such cavernous insides, the Ertiga’s air conditioner better be up to the task, especially in peak summers and from what we felt, it pretty much is. The middle and top variants get a separate unit for the rear passengers, pretty much like in the Innova. With both the units on, it got cold enough with just the snow-fall missing.


The only grouse we felt was the quality of plastics in some areas. While overall quality is acceptable, certain knobs and switches felt quite flimsy. On the whole, the Ertiga is a very smartly packaged vehicle and the interiors are far more spacious than the exterior dimensions suggest.








Refined lugger

Making space is the easy part, but what is paramount in a good people mover is whether or not it has the heart to haul all those people easily. Powering the Ertiga are two engines, a K-series 1.4 litre petrol and the one we have here, the tried and tested, multifarious, Fiat-sourced 1.3-litre DDiS turbo diesel unit. It's the same engine that powers the Maruti SX4, Fiat Linea and the Tata Manza. While powering these sedans is one thing, carrying seven passengers with a fair bit of luggage is another. But Maruti have done well to tune the engine to suit the Ertiga’s characteristics. Though engine output remains similar to the SX4 and the Manza (Linea is slightly higher) at 90PS @ 4000 rpm and a maximum torque of 200Nm @ 1750 rpm, it’s the short gear ratios that make all the difference in the Ertiga.


So what’s the performance in the real world like? Well, for starters we have turbo lag, not too much of it but it definitely makes its presence felt, however, once you're above 2500 rpm, so does the turbo boost! While acceleration is decent, the midrange is where all the action is and the Ertiga never feels breathless here. Even with seven people on board, the motor does not feel restrained as long as you keep it in the powerband which is not really a difficult task. Uphills with a full load and air-conditioning on, however, does take a toll on the small capacity engine and frequent shifting is required to keep the Ertiga moving at a fair pace.






Suzuki Ertiga memang fenomena baru di pasar Indonesia, bagaimana tidak? Sebagai mesin uang Suzuki tentu Suzuki musti mempersiapkan value for money terbaik untuk menghantam Avanza Xenia sebagai people carrier terlaris di Indonesia ini. Orang Indonesia sudah kadung cinta dengan Avanza Xenia karena dapat mengakomodir seluruh tradisi keluarga Indonesia. Bawa barang bisa, stylish, muat banyak, andal di segala medan dan jaringan 3s-nya yang super juoozz…. Tidak berlebihan kalau Avanza Xenia menjadi penolong dan penyokong keuangan Toyota Motor Corporation di Jepang sana. Indonesia termasuk menjadi pasar terbesar Toyota di dunia selain India dan China. Namun tentu berbahaya kalo Avanza Xenia tidak melakukan inovasi mendalam untuk produk andalannya ini sebab musuh2 besarnya sudah siap dengan segudang amunisi untuk bertempur di Indonesia. Bila lengah, alhasil Suzuki Ertga contohnya, ditakdirkan sebagai pemenang dalam komparasi bersama Avanza Xenia di majalah Auto Bild Indonesia. JEGEERRRR!!! ambrol dong pertahanan Avanza Xenia dalam serangan pertama, padahal serangan berikutnya masih ada seperti Nissan Evalia dan Chevrolet Spin (nama resmi PM7) yang baru2 ini kena spyshotnya. Nah sebenarnya produk rakitan India ini seberapa menjual sih sampai-sampai duet kembar ini harus K.O? mari kita lihat perbandingannya…
Walaupun bukan poin penting dalam pemilihan sebuah mobil keluarga namun Akselerasinya patut dikhawatirkan. Karena mobil yang berpenggerak roda depan sepertinya memang lihai dalam meraih “pertamax”. Bagaimana bisa? ya umpama matic dalam motor, tenaga yang telah dikeluarkan mesin langsung tersalurkan dalam roda. Sehingga lebih josss sertal lebih efisien karena tidak ada tenaga yang terbuang. Ini terbukti dari perolehan kecepatan 0-100kpj Ertiga yang mengukuhkan 10,26 detik sajah. Jauh dari Toyota Avanza Veloz yang berkapasitas 1500cc namun hanya bisa meraih 13 detik dan Daihatsu Xenia Attivo berkapasitas 1300cc yang meraih 15 detik. Mesinnya hanya 1400cc? sekali lagi poin plus dari penggerak roda depan yang membuatnya meraih akselerasi tertinggi.
Figur Suzuki Ertiga kali ini terbilang baik, seliter sudah dapat menjangkau 14,5 km dalam rute kombinasi dan seliter dapat menjangkau 18 km saat digeber 90-100kpj konstan. Menurut Auto Bild, susah sekali membuat konsumsi BBMnya boros, harus diperlukan macet sedemikian parah agar konsumsinya 1 liter = 12km. Bagus, berarti kalau mudik lebaran nanti nggak perlu takut makan kocek banyak ya xixixi….  Untuk kompetitornya, Avanza mendapat figur 1 liter = 14 km dalam rute kombinasi dan rute dalam kotanya 1 liter = 10 km sedangkan Xenia tertolong dengan figur 1 liter =14 km dalam rute kombinasi dan rute dalam kotanya 1 liter = 12 km. Yak sekali lagi yang menjamin kehematan BBM adalah penggerak rodanya , modifikasi mesin seri K yang dipakai City Car Suzuki serta teknologi katup bernama VVT yang setara dengan VVT-i-nya Toyota dan Daihatsu. Oh ya, menurut penuliz berat yang hanya 1.180kg juga turut ambil bagian dalam hal ini. Wow superleggera sekali ya untuk sebuah people carrier…..
Kali ini akomodasi ruang sebenarnya nyaris sama dengan Avanza Xenia, namun yang memberi nilai plus dalam Suzuki Ertiga adalah ruang kepala. Ya, Suzuki Ertiga menawarkan kenyamanan lebih dalam ruang kepala pada baris pertama sampai ketiga. Desain atap dan posisi tempat duduk yang diatur sedemikian rupa nampaknya memberi nilai plus sehingga dengan ruang kepala lebih tinggi otomatis akses masuk kabin juga lebih gampang. Kenyamanan dan lainnya selebihnya sama dengan Avanza Xenia.
Fitur juga menjadi kunci berikut yang membuat Ertiga merebut poin dari Avanza Xenia. Ia dilengkapi tilt steering dan pengatur ketinggian jok, audio bisa diatur di setir, MID, Audio Double-DIN yang menyatu dengan dashboard, immobilizer, dual airbag, ABS dan EBD. Fitur melimpah ini hanya dihargai dengan Rp 165 juta sajah. Ini membuat Ertiga begitu value for money dibanding Toyota Avanza Veloz yang harganya sudah kadung melejit diantara Rp 182 juta dan Daihatsu Xenia Attivo yang berharga Rp 179 juta. Lucunya Xenia Attivo ini belum melengkapi fitur keamanan seperti ABS dan EBD dan airbag, sedangkan saudaranya yang kastanya tinggi sudah melengkapinya. Immobilizer menjadi fitur yang satu2nya diusung Ertiga dan tidak dimiliki Avanza Xenia. Fitur ini memasangkan kunci dengan smart card, apabila memakai kunci palsu atau tidak disatukan smart card pada kunci maka mobil dijamin tidak bakal nyala.
4 faktor ini memang menjadi pukulan telak Avanza Xenia dalam berkompetisi melawan serangan Suzuki Ertiga, Namun Ertiga juga punya kendala melawan mereka yaitu masalah daftar inden yang pasti lebih panjang daripada Avanza Xenia, agak limbung (mungkin karena suspensi yang disetting lembut), tempat penyimpanan yang masih kalah dengan Avanza Xenia, serta kelemahan roda depan yang tidak begitu andal di  medan semi-offroad. Namun kalo masalah jaringan 3s penuliz yakin Ertiga mampu bersaing melawan Avanza Xenia.
Melihat berhasilnya Suzy Ertiga dapat poin dan tentu gempuran ini belum berakhir. Akan ada serangan Nissan Evalia dan Chevrolet Spin…. belum lagi ada desas-desus Honda Brio versi people carrier (bukan berupa city car lagi loh) bakal diproduksi di Indonesia…. Nah lo Toyota Daihatsu, harus siap2 waspada dan memberikan serangan balik cepat lohh…. kalau tidak “kuemu” termakan tetangga sebelah!





Suzuki Ertiga yang telah menyedot banyak perhatian publik di Indonesia sebenarnya memiliki enam keunggulan jika dibandingkan dengan MPV lainnya buatan Jepang yang ada dikelasnya. Dibawah ini beberapa keunggulan atau kelebihan Suzuki Ertiga ini yang menjadikan mobil 7 penumpang dengan 3 baris kursi ini banyak digemari terbukti dari jumlah  indent atau pemesanan yang signifikan saat ini ;
1. Desain Exterior dan Interior
Ertiga memiliki desain yang menawan yaitu perpaduan antara tampilannya yang stylish, dinamis dan eksterior modern serta desain interior dan dashboard yang mewah. Mobil ini juga sudah dilengkapi dengan height adjuster yang berfungsi sebagai pengatur tingginya kursi pengemudi sehingga pengemudi akan merasa lebih nyaman, dan untuk segi keamanan pada type GX sudah dilengkapi AIR BAG pada baris pertama.
2. Audio System
Bagi Bapak/Ibu yang suka mendengarkan musik ketika berkendara, Ertiga memberikan sistem audio 2DIN yang mana dapat dikontrol melalui kemudi karena pada kemudi terdapat tombol-tombol Audio System Controlling. Unik serta inovasi ini hanya terdapat pada Ertiga.
3. Akses Mudah
Tidak seperti MPV lainnya yang terkadang penumpang harus bersusah payah untuk masuk atau keluar kedalam mobil, pada Ertiga sangat di permudah dengan satu sentuhan folding dan sliding yang berjarak kurang lebih 240mm dan jika dicompare tentu saja berbanding lebih hinggau empat kali lipat lebih panjang dengan MPV lain dikelasnya.
5. Irit Bahan Bakar
Ertiga menggunakan prinsip Front Wheel Drive dengan menggunakan mesin K series 4 silinder yang membuatnya sangat irit dalam mengkonsumsi bahan bakar serta bertenaga. Pada mobil ini juga sudah diaplikasikan  meter cluster yang high grade dikombinasi dengan MID (Multi Information Display) yang berfungsi untuk menginformasikan kepada pengemudi tentang konsumsi bahan bakar rata-rata, kecepatan rata-rata, jarak tempuh termasuk sisa bahan bakar yang ada.
6. Penggunaan Platform Mesin
Bapak/Ibu tentu saja sudah mengetahui Suzuki SWIFT, nah Ertiga juga menggunakan platform hatchbacknya Suzuki tersebut dengan wheelbase yang lebih panjang. Karena platformnya sama, tentu saja sistem penggeraknya serta sistem suspensi mirip dengan SWIFT.
7. Pilihan yang ditawarkan.
Bapak/Ibu diberikan opsi untuk memilih, karena kendaraan MPV ini akan hadir dalam 3 varian yaitu GA, GL dan GX dengan warna exterior yang berbeda yang bisa dilihat pada Harga dan Spesifikasi Suzuki Ertiga.



Beberapa Kelebihan Suzuki Ertiga

Suzuki Ertiga  sebuah mobil keluarga yang sedang hangat menjadi topik obrolan yang hangat di kalangan penikmat otomotif. Low mpv ini memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan Avanza dan Xenia.
Mobil pabrikan Suzuki ini memang dihadirkan ditengah maraknya persaingan mobil mpv yang sedang ramai – ramainya bermunculan. Memiliki beberapa keunggulan dibanding Daihatsu Xenia  dan Toyota Avanza menjadikan mobil keluarga ini semakin dilirik.

Ertiga lebih panjang ketimbang Avanza dan Xenia. Bila dilihat dari spesifikasinya, Suzuki Ertiga memiliki panjang 4.265 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.685 mm. Sementara itu Avanza memiliki panjang 4.140 mm, lebar 1.660 mm, dan tinggi 1.695.  selain itu kelebihan Ertiga lebih unggul dibanding kedua rivalnya, Suzuki Ertiga sudah dipasangi sistem rem ABS , EBD, dan BA. Sebagai perbandingan lagi, Xenia tidak dilengkapi sistem ABS, sementara Avanza hanya punya ABS untuk tipe Veloz.
Sebagai mobil yang kaya akan fitur menariknya, ada satu fitur yang baru yang belum pernah ada di mobil mpv manapun. Suzuki Ertiga khususnya varian GX dan GL memiliki immobilizer. Fungsi teknologi tersebut adalah mencegah mesin mobil menyala tanpa keberadaan kunci kontak asli. Bila ingin mencuri mobil ini, cari dulu kuncinya baru bisa di nyalain mobilnya. Karena hanya kontak aslinya yang memiliki chip yang terhubung kepada system komputer yang terpasang didalam mobil, yang fungsinya untuk menyalahkan mobil setelah mendapat perintah dari kunci kontak.









suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki suzuki mobil suzuki suzuki indonesia suzuki murah suzuki suzuki 

1 komentar: